Header Ads

Cerita Bunda Penuhi Nutrisi si Kecil di Luar


“Cerita Bunda Penuhi Nutrisi si Kecil di Luar”
Dear para Bunda hebat semuanya mau berbagi sedikit tips nih, khususnya memenuhi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar rumah baik itu hanya sekedar jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, arena bermain atau yang lebih jauh dan lama lagi misalnya ke luar kota untuk liburan long weekend atau mudik.

1. Ceritakan kepada si kecil lokasi yang akan kita kunjungi, nama tempat, waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya, kendaraan yang akan kita gunakan, siapa saja yang akan ikut serta, dan siapa saja yang mungkin akan kita temui.

2. Biarkan mereka antusias untuk aktivitas yang akan mereka kerjakan dengan mengikutsertakan mereka menyiapkan semua perbekalan. Bantu mereka memilih cemilan sehat yang akan dibawa. Misalnya: Biskuit, Susu, Roti. Seandainya aktivitas di arena outbound atau renang bantu mereka menyiapkan pakaian ganti atau membawa perlengkapan renang serta mainan yang membuat mereka menikmati aktivitas mereka.

3. Si kecil sudah tidak sabar menanti hari H, pastikan mereka istirahat yang cukup atau sarapan terlebih dahulu dan mencukupi kebutuhan minum mereka agar tidak mengalami dehidrasi. Ajarkan juga mereka untuk tetap menjaga kebersihan selama berkunjung ke tempat wisata.

4. Pastikan mereka menggunakan pakaian yang nyaman dan melindungi mereka. Sesuaikan dengan moda transportasi, jarak tempuh dan lokasi tujuan.

5. Bekal sehat mungkin sudah disiapkan dari rumah, namun saat di tempat wisata, si kecil pastinya lapar makan kan Bunda...bantu mereka untuk memilih makanan yang mereka inginkan dan terangkan mengenai komposisi seimbang agar tercukupi nutrisinya.
Oya berikut ini pengalaman Bunda, saat berlibur ke Pulau Tidung :
1. Sebelum keberangkatan Bunda sudah cerita kepada Kk Najmi dan Dd Alyn pulau Tidung itu seperti apa gambarannya. Selama 3H2M kami akan menginap di rumah warga yang dijadikan homestay. Disana kita akan menggunakan sepeda atau bentor menuju tempat wisata. Bercerita juga akan berkunjung kemana saja. Berangkat dari Bandung jam berapa dan menggunakan apa. Saat sampai di kali Adem kita akan melanjutkan perjalanan menggunakan apa dan banyak lain. Dengan bercerita mereka akan punya gambaran tentang aktivitas yang akan mereka lakukan selama berlibur.

2. Mereka begitu antusias, Bunda membantu mereka menyiapkan pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, peralatan mandi, peralatan make-up. Pastinya cream karena mereka akan banyak terpapar sinar matahari, membawa SGM 5+ dan SGM 1+ agar tetap memenuhi nutrisi mereka.

3. Memastikan homestay yang akan kita tempati menyediakan makanan yang pas untuk dikonsumsi si kecil, kebetulan sudah meminta menyiapkan sarapan, makan siang dan makan malam yang menunya terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, dan buah. Sehingga selama perjalanan asupan makan si kecil tetap terjaga.
Ikutan yuk...share pengalaman dan tipsnya Mom 

(Dari Bunda Nda Najmi Naufalyn
)

No comments

Powered by Blogger.